Mitos Burung Gagak Pembawa Sial

Mitos Burung Gagak Pembawa Sial - Gagak adalah spesies burung yang paling jelek dari spesies burung lain, oleh karena itu orang beranggapan bahwa burung gagak ini sebagai pembawa sial. Kemunculan burung gagak hitam sering kali dihubung-hubungkan dengan adanya kematian ataupun pertanda sebuah pesan akan datangnya berita kematian. Ada sebuah mitos yang beredar bahwa jika ada burung gagak yang berputar-putar diatas rumah, maka salah seorang di dalam rumah tersebut akan meninggal dunia.


Mitos Bahwa Burung Gagak Pembawa Sial


Sekilas mengenai burung gagak hitam, gagak hitam merupakan jenis burung yang sangat suka dengan daging bangkai. Apabila ada sebuah bangkai hewan, maka sekumpulan gagak akan beramai-ramai akan datang memakan daging tersebut. Kemunculan segerombolan gagak dalam sebuah kampung sering kali dicap bahwa akan terjadi hal-hal buruk di kampung tersebut.

Selain itu masih dalam kepercayaan masyarakat Jawa, bila ada orang yang sedang sakit kemudian terdengar suara burung gagak, maka akan menjadi pertanda bahwa orang sakit tersebut akan segera menemui ajalnya. Menurut mereka seseorang yang akan menemui ajalnya akan mengeluarkan bau khas menyerupai bau mayat. Menurut cerita, gagak mempunyai insting serta penciuman yang sangat tajam, bahkan mencapai radius ribuan km, serta Burung Gagak merupakan jenis burung pemakan bangkai.

Namun itu semua tidaklah benar. Mengapa ? Dari beberapa literatur yang saya baca, ternyata Mitos Burung Gagak Pembawa Sial itu tidak benar. Burung gagak bukanlah burung pembawa sial apalagi pembawa kematian, namun burung gagak memiliki tingkat kecerdasan yang baik, seperti menguburkan rekannya yang telah mati, sekaligus yang memberi petunjuk kepada Qabil bagaimana cara menguburkan mayat saudaranya) dan merupakan burung yang disebutkan di dalam Al qur'an.

Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya.
Berkata Qabil: “Aduh celakalah aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.”
QS Al-Ma’idah [5] : 31

Itulah mitos mengenai burung gagak pembawa sial yang sering dibicarakan banyak orang, mitos atau fakta itu tergantung anda sendiri bagaimana cara anda menilai dan menyikapinya.