Subhanallah.! 70 Ribu Malaikat Akan Memohon Ampunan Untuk Pembaca Surat Ini

Subhanallah.! 70 Ribu Malaikat Akan Memohon Ampunan Untuk Pembaca Surat Ini - Umat Islam diperintahkan untuk selalu berpegang teguh pada Alquran. Setiap kalimat-kalimat yg ada pada kitab suci tersebut, adalah perkataan Allah SWT yg disampaikan Malaikat Jibril pada Nabi Muhammad SAW.

Di dalamnya terdapat 114 surat dengan kandungan & makna yg begitu dalam. Tidak hanya itu, masing-masing surat dalam Alquran dan juga mempunyai keutamaan masing-masing. Seperti pada salah satu surat berikut ini.

70 Ribu Malaikat Akan Memohon Ampunan Untuk Pembaca Surat Ini

70 Ribu Malaikat Akan Memohon Ampunan Untuk Pembaca Surat Ini

Berdasarkan hadist Nabi, pembaca surat ini akaan dimohonkan ampunan dari tujuh puluh ribu malaikat. Sungguh sebuah kehormatan bisa mendapat doa dari makhluk Allah yg amat taat tersebut. Lantas surat apakah yg dimaksud? Berikut ulasannya.

Surat yg bisa dibaca agar mendapatkan keistimewaan itu ialah surat Ad-Dukhoon. Surat ke-44 ini turun di Kota Mekkah & mempunyai 59 ayat. Ad Dukhoon mempunyai arti kabut asap, lantaran di dalamnya lumayan banyak menceritakan mengenai asap.

Hadist mengenai keutamaan surat ini berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda yg artinya

"Barangsiapa membaca Ad-Dukhoon (QS.44) pada suatu malam, maka tujuh puluh ribu malaikat memohonkan ampun baginya." (HR Tirmidzi).

Hamba yg dimuliakan Allah SWT ini mendoakan manusia agar mendapat ampunan dari Allah. Mereka tak bakal memberikan syafaat kecuali pada orang-orang yg diridhai Allah. Mereka beristigfar agar orang-orang yg beriman diampuni kesalahan & dosanya pada Allah.

”Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atas (lantaran kebesaran Rabb) & malaikat-malaikat bertasbih serta memuji Rabb-nya & memohonkan ampun bagi orang-orang yg ada di bumi, bahwa sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang , “ (Qs. Asy-Syura : 5 ).

Doa & istigfar dari malaikat ini adalah kasih sayang mereka terhadap manusia. Istighfar para malaikat lebih kuat dikabulkan lantaran mereka mendoakan dari tempat yg tak dilihat & tak diketahui manusia yg didoakannya.

Dan doa semacam ini, dalam hadits shahih, lebih kuat dikabulkan. Ini tak lain, lantaran malaikat melihat dosa-dosa yg dilakukan manusia & mereka dan juga tahu akibat buruk akibat dari dosa-dosa tersebut. Sehingga istighfar untuk kaum mukminin yg lebih dahulu mereka lakukan, kemudian doa-doa kebaikan untuk mereka.

Namun demikian, adanya keistimewaan dalam sebuah surat tidak berarti surat lainnya tak utama. Keistimewaan ialah kelebihan namun tidak berarti satu surat lebih rendah daripada surat lain. Karena sejatinya, Nabi Muhammad SAW memerintahkan kita agar mempelajari seluruh Alquran, tidak surat-surat tertentu saja. (siramanislam,com)

0 Response to Subhanallah.! 70 Ribu Malaikat Akan Memohon Ampunan Untuk Pembaca Surat Ini

Post a Comment