Organisasi Kepemudaan Pada Masa Pergerakan Nasional Indonesia

Organisasi pemuda yg berkembang pada masa pergerakan nasional amat lumayan banyak. Hampir di seluruh wilayah / daerah di Indonesia ada, di antaranya Perkumpulan Pasundan (1914) yg ditujukan untuk mempertinggi kesopanan, kecerdasan, & kegiatan kemasyarakatan. Organisasi pemuda lainnya ialah Tri Koro Dharmo (1915) yg nanti berganti nama jadi Jong Java (1918), Jong Minahasa (1918), Jong Sumatranen Bond (1918), Jong Ambon (1920), Kaum Betawi (1923), & lain sebagainya.


Organisasi Kepemudaan Pada Masa Pergerakan Nasional

Organisasi Kepemudaan Pada Masa Pergerakan Nasional Indonesia

Pada perkembangan berikutnya ada di diantara organisasi pemuda itu yg berkembang pada pergerakan politik, seperti Jong Java yg berkeinginan menghimpun pelajar-pelajar Indonesia dalam membentuk kesatuan Indonesia. Organisasi-organisasi pemuda itu mengadakan Kongres Pemuda I pada bulan Mei 1926 dengan tujuan untuk menyatukan organisasi-organisasi pemuda itu. Pada Kongres Pemuda II, rasa penyatuan itu semakin jelas dengan dikeluarkan ikrar. Ikrar / sumpah para pemuda yg dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 dengan nama Sumpah Pemuda, isinya tiga sendi persatuan Indonesia yaitu:

Isi Tiga Sendi Persatuan Indonesia/ISI SUMPAH PEMUDA :

  1. Pertama : Kami putra & putri Indonesia mengaku bertumpah darah yg satu, tanah Indonesia.
  2. Kedua : Kami putra & putri Indonesia mengaku berbangsa yg satu, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga : Kami putra & putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Dalam kongres inilah untuk pertama kalinya dikumandangkan lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman & dikibarkan bendera merah putih sebagai bendera pusaka. Peristiwa Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 ini adalah puncak pergerakan nasional. Sehingga sampai sekarang setiap tanggal 28 Oktober dinyatakan & diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Organisasi Kepemudaan Pada Masa Pergerakan Nasional Indonesia, semoga bermanfaat.

0 Response to Organisasi Kepemudaan Pada Masa Pergerakan Nasional Indonesia

Post a Comment