TEKS PROSEDUR KOMPLEKS - Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Prosedur Lengkap

Pengertian Teks Prosedur Kompleks
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) prosedur berati tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Jadi, sebuah teks prosedur memberi tahu kita gimana sesuatu dikerjakan melalui serangkaian langkah / tindakan. Informasi dalam teks prosedur disajikan dengan urutan peristiwa yg logis.

Struktur Teks Prosedur Kompleks
Struktur teks adalah bagian / cara teks itu dibangun. Mungkin masih lumayan banyak yg belum tahu kalau struktur teks prosedur disusun oleh bagian tujuan, bagian material, & diikuti oleh bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat dibawah.

  • Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur itu / hasil akhir yg bakal dicapai (dapat berupa judul).
  • Bagian material, berisi informasi mengenai alat / bahan yg dibutuhkan, namun tak semuanya teks prosedur terdapat bagian ini (umumnya terdapat dalam resep masakan).
  • Bagian langkah-langkah, berisi cara-cara yg ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tak dapat diubah urutannya.

TEKS PROSEDUR KOMPLEKS - Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Prosedur Lengkap

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks
Ciri kebahasaan yg ada pada teks prosedur ialah lumayan banyak terdapat konjungsi, adanya kalimat perintah, adanya kata kerja imperatif, verba material & tingkah laku, & dan juga partisipan manusia secara umum. Untuk lebih jelasnya lagi bisa lihat dibawah.

  • Konjungsi, terdapat lumayan banyak sekali konjungsi pada teks prosedur yg menyatakan waktu (kegiatan), seperti kemudian, setelah itu, lalu, & selanjutnya. Kata-kata seperti itu hadir untuk konsekuensi dari langkah-langkah penggunaan sesuatu yg bersifat kronologis.
  • Kata kerja imperatif (perintah), pada teks prosedur lumayan banyak dijumpai kalimat perintah. Konsekuensi dari penggunaan kalimat perintah, lumayan banyak pula pemakaian kata kerja imperatif, yakni kata yg menyatakan perintah, keharusan, / larangan.
  • Verba material & tingkah laku, verba material adalah yg mengacu pada perbuatan/langkah fisik sedangkan verba tingkah laku ialah perbuatan/langkah yg dilakukan dengan ungkapan.
  • Partisipan manusia, dalam segi partisipan manusia secara umum kita lumayan memeriksa apakah pada teks prosdur kompleks yg kita sunting terdapat partisipan manusia & partisipan manusianya tidak secara khusus.

Contoh Teks Prosedur Kompleks
Prosedur Pemasangan Listirk secara Online

  • Buka URL http://www,pln,co,id/pbpd/. Di sana Anda diharuskan mengisi data pelanggan & data pemohon. Isilah dengan lengkap disertai alamat email & dan juga nomor telepon yg dapat dihubungi.
  • Jika Anda ingin berlangganan listrik pasca-bayar, daya listrik terendah yg diizinkan ialah 6.600 VA. Di bawah itu, Anda harus berlangganan listrik pra-bayar.
  • Setelah mengisi data & menyimpannya, sistem komputer PT PLN bakal mengirimkan email pemberitahuan pada email kalian disertai nominal yg harus kalian bayar disertai kode transaksi.
  • Masukkan kode transaksi itu malalui form yg tersedia di http://www,pln,co,id/pbpd/konfirmasi,php.
  • Sistem komputer PT PLN bakal kembali mengirimkan email pemberitahuan pada kalian disertai nominal jumlah yg harus kalian bayar Nomor Registrasi (kode bayar).
  • Setelah itu, Anda harus melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan di kantor pos, bank, ATM, & loket resmi yg telah bekerjasama dengan PT PLN. Pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 30 hari setelah pendaftaran secara online.
  • Untuk membayar lewat ATM, Anda dapat memilih ‘Pembayaran Listrik’, kemudian pilih ‘Non Taglis’. Anda lumayan memasukkan 13 digit nomor registrasi, kemudian nama Anda bakal tampil di layar dengan jumlah nominal yg harus Anda bayar.
  • Pemasangan bakal dilakukan selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja setelah pembayaran. Syaratnya, rumah itu tak jauh dari tiang listrik yg sudah berdiri serta telah terpasang instalasi listrik.
  • Jika pada hari keenam belum dan juga terpasang, Anda bisa bertanya / komplain ke hotline PT PLN di nomor 123.
  • Untuk memeriksa status pendaftaran, Anda dapat memeriksanya di URL http://www.pln.co.id/pbpd/Status.php.

Perlu diingat, PT PLN dan juga melarang Anda memberikan uang / tip bagi petugas yg memasang sambungan listrik di rumah Anda.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai TEKS PROSEDUR KOMPLEKS - Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Prosedur Lengkap, smeoga bermanfaat.

0 Response to TEKS PROSEDUR KOMPLEKS - Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Prosedur Lengkap

Post a Comment