Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Agar Berbuah Banyak

Cara Menanam Buah Naga - Menghasilkan buah naga yg segar & kaya manfaat dari dari hasil tanaman sendiri adalah satu hal yg menyenangkan. Terlebih lagi apabila buah naga yang dihasilkan ialah hasil menanam dalam pot / Tambulampot buah naga. Rasanya ini sebuah pekerjaan menantang untuk menanam buah naga dari dalam pot. Apakah mungkin saja menanam buah naga dalam pot? Jawabannya ialah mungkin saja. Meski buah naga adalah tanaman besar tetapi bisa saja kita menanamnya dalam pot & menghasilkan buah yg segar.

Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot

Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot

Untuk mampu menghasilkan buah naga dari tanaman dalam pot, diperlukan perawatan & pemeliharaan buah naga yg baik. Semua kebutuhan memakanan & nutrisi harus terpenui. Berikut ini ialah beberapa langkah & cara menanam buah naga di dalam pot :

1. Menyiapkan Pot Untuk Buah Naga
Untuk menanam buah naga di dalam pot , perlu disiapkan terlebih dulu pot tanamannya. Ada berbagai jenis pot yg bisa dipakai untuk menanam buah naga misalnya pot dari  bahan semen, plastic, tanah liat / drum bekas yg dipotong. Pot dari bahan tanah liat ialah yg paling ideal lantaran untuk menanam buah naga dalam pot, lantaran tanaman buah naga membutuhkan perubahan pada suhu yg drastis dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Ukuran pot yg dipakai semakin besar semakin baik, paling sedikit berdiameter sekitar 40cm.

2. Tiang Untuk Panjatan Buah Naga
Tiang panjatan amat dibutuhkan oleh tanaman buah naga, lantaran batang & dahan buah naga memerlukan penopang agar bisa menopang berat pohon buah naga. Tiang panjatan untuk buah naga dibuat dari besi beton berdiameter 8-10 cm, / balok kayu yg kuat & tahan lama lantaran usia buah naga yg bisa mencapai puluhan tahun. Tinggi tiang diantara 150-200 cm disesuaikan dgn besar pot.

3. Membuat Media Tanam Buah Naga Dalam Pot
Media tanam untuk buah naga dalam pot perlu disiapkan dgn baik sebelumnya. Bahan-bahan media taman buah naga dalam pot ialah pasir, tanah, pupuk kandang & kompos dgn perbandingan 2:1:3:1.
Anda dan juga bisa menambahkan bubuk batu bata merah secukupnya & dolomit (kapur pertanian) sebanyak 100 g dicampur rata dgn bahan-bahan itu. Kemudian media tanam disiram dgn air hingga kondisi jenuh & dibiarkan selama sehari semalam.

4. Menanam Bibit Buah Naga
Untuk menanam buah naga hal yg penting ialah memilih bibit buah naga yg baik. Bibit buah naga sebaiknya dipilih yg besar, dari batang tua yg berwarna hijau tua keabuan & bebas dari penyakit. Idealnya panjang bibit yg ditanam paling sedikit 30 cm.
Selanjutnya bibit ditanam disekitar tiang panjatan dgn kedalaman 10 cm, tidak boleh terlalu dalam lantaran bakal mengakibatkan pertumbuhan yg kurang bagus. Setelah ditanam media tanam ditekan-tekan agar bibit tak mudah roboh. Selanjutnya media tanam disiram dgn air & diletakkan ditempat terbuka tak ternaungi yg terkena sinar matahari langsung.

Menyiapkan Pot Untuk Buah Naga

5. Memelihara Buah Naga Dalam Pot
Setelah bibit buah naga ditanam dalam pot langkah selanjutnya ialah fase memelihara tanaman buah naga di dalam pot.  Pemeliharaan buah naga dalam pot hampir sama dgn buah naga yg ditanam langsung di tanah langsung. Memelihara buah naga dalam pot meliputi pemupukan, pemangkasan, penjarangan hingga pemindahan pot apabila sudah waktunya.

Untuk memupuk buah naga di dalam pot  diberikan pupuk majemuk yg mengandung unsur P & K tinggi, seperti NPK 15:15:15 dgn dosis 50 gram per pot. Bisa dan juga diberi campuran pupuk tunggal berupa ZA, SP-18, & KCI.
Dosis setiap pupuk tunggal yg diberikan ialah 50 gram per pot. Tambahkan dan juga pupuk kandang guna meningkatkan kadar bahan organik pada media tanam, diikut dgn penyiraman pada pagi / sore hari.

Selang 2-4 minggu setelah pemupukan lewat akar, berikan pemupukan daun. Saat tanaman mulai mengeluarkan bunga, lakukan segera pemupukan. Aplikasi pupuk bisa berupa pupuk TSP & KCI / pupuk NPK 15:15:15. Larutkan dahulu pupuk dgn konsentrasi 2 gram per liter air agar lebih cepat diserap tanaman. Selanjutnya, larutan pupuk disemprotkan  pada tanaman setiap minggu selama delapan minggu.

Pemeliharaan buah naga di dalam pot lainnya ialah pemangkasan dahan buah naga. Pemangkasan buah naga ini bertujuan membentuk cabang baru yg produktif. Sebaiknya, pemangkasan dilakukan sejak tanaman sudah berumur 2-3 bulan. Untuk pertumbuhan yg optimal, sebaiknya tinggi tanaman tak lebih dari 140-170 cm & jumlah cabang produktif yg dipeliharanya hanya 3-4 cabang & cabang lain sebaiknya dipangkas.

Setelah buah naga dalam pot mulai berbunga, bisa dilakukan penjarangan bunga  buah naga. Penjarangan ini dilakukan ketika bunga buah naga mulai muncul. Penjarangan bunga buah naga bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan pada buah, setiap cabang sisakan saja dua bunga yg berjarak 30 cm satu sama lain. Umumnya, bunga dgn kelopak berwarna hijau yg dipelihara.

Repoting buah naga perlu dilakukan untuk memacu pembungaan buah naga dalam pot. Tambahkan pupuk kandang beserta media baru yg lebih subur untuk menjaga kesuburan & kesehatan tanaman, sehingga tabulampot buah naga bisa berbuah dgn cepat & optimal.

Nah begitulah beberapa tips sederhana menanam & merawat tanaman buah naga dalam pot. Dengan perawatan buah naga yg teratur, niscaya bakal menghasilkan buah naga dalam pot yg menggembirakan, sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Agar Berbuah Banyak

Post a Comment