Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar - Ikan gurame adalah salah satu ikan yg cukup berpotensi besar untuk dibudidayakan. Ikan gurame itu sendiri tentu amat disukai lumayan banyak masyarakat terutama di Indonesia terutama lantaran dagingnya yg enak & tebal. Pembudidayaan ikan gurame yg cenderung akan lama ini tentu membuatnya ikan gurame jadi mahal di pasaran & dan juga jadi emakanan khas yg disebut elit untuk golongan ikan terutama untuk gurame berukuran besar. 

Namun, cara budidaya atau cara ternak ikan gurame nyatanya ada cara mempercepat pertumbuhan gurame. Dalam artikel ini, kita bakal membahas mengenai cara budidaya ikan gurame agar cepat besar & tentu bakal memudahkan anda dalam melakukan pembudidayaan ikan gurame.

Cara Agar Ikan Gurame Cepat Besar


Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar ternak ikan gurame

Lokasi Pembutan Kolam Ikan Gurame


Dalam cara budidaya ikan gurame agar cepat besar yg perlu Anda perhatikan untuk pertama kalinya ialah lokasi yg tepat dalam pembuatan kolam. Kolam untuk ikan gurame yg baik ialah yg mempunyai sinar matahari langsung yg lumayan. Ikan gurame sendiri mempunyai habitat aslinya di tempat dataran rendah & mempunyai suhu untuk pengoptimal pertumbuhannya sekitar 25 derajat hingga 28 derajat celsius. Inilah kenapa mengembangbiakkan ikan gurame bakal lebih baik apabila dilakukan di dataran rendah & kurang cocok di dataran tinggi. Ikan gurame sendiri hanya mampu berkembang secara baik di ketinggian maksimal 800 mdpl. 

Ukuran Benih Yang Sehat


Adapun benih yg baik untuk pembudidayaan ikan gurame ialah benih yg sehat dgn berat sekitar 100 gram / kira-kira berumur lebih dari setahun. Dengan demikian, Anda bakal lebih cepat memanen ikan gurame yg pada dasarnya bakal siap jual pada kisaran berat sekitar 500 gram. Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar tentu didukung dgn benih yg baik. Benih ikan gurame bakal lebih baik apabila didapatkan dari lokasi pembudidayaan ikan gurame lain yg tak terlalu jauh, sehingga ikan gurame tak perlu lebih keras dalam beradaptasi.

Pakan & Pemberian Protein Nabati


Pakan ikan gurame yg baik sebenarnya ialah pakan yg mengandung unsur baik protein hewani / protein nabati. Sehingga, Anda amat direkomendasikan apabila memberikan ikan gurame budi daya Anda dgn campuran kedua bahan memakanan itu. Kandungan protein hewani sendiri adalah salah satu faktor pemercepat pertumbuhan ikan gurame yg sinkron dgn cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dalam artikel ini. Pakan hewani setidaknya diberikan sekitar 25% / iatasnya. Sedangkan untuk protein nabati bisa Anda berikan pada ikan gurame dgn memberikan memakanan seperti daun talas, daun kangkung, daun singkong, & selada air. Supaya lebih cepat lagi, berikan dan juga enzim komplek kira-kira sebanyak 2% dari pakan pabrik.

Pengeringan kolam Agar Terhindar Dari Penyakit

Pengeringan kolam Agar Terhindar Dari Penyakit

Supaya gurame Anda terlindungi dari penyakit-penyakit ikan gurame seperti jamur & lain sebagainya, ada baiknya sebelum Anda memulai penebaran benih. Lakukan pengeringan kolam selama 10 hingga 14 hari & berilah kapur untuk pertanian sebanyak 100 sampai 200 gram per meter persegi. Peralatan pembudidayaan ikan gurame dan juga sebaiknya direndam larutan kaporit lalu dikeringkan. Apabila Anda menemukan ikan gurame yg terserang jamur, segera pisahkan & direndam dalam larutan garam dapur sekitar 20 mg per liter selama sejam. 

Penyediaan Kolam Lebih Dalam


Karakteristik ikan gurame cenderung akan menyukai habitat perairan yg dalam. Sebab ikan ini paling senang melakukan pergerakan ke arah vertikal alias naik turun. Jadi agar ikan yg Anda pelihara bisa berkembang dgn baik, usahakan kolam perawatannya mempunyai kedalaman yg lumayan dalam. Selain itu, kolam dgn spesifikasi seperti ini dan juga umumnya mengandung kadar oksigen terlarut yg tinggi.

Pelihara Menggunakan Sistem Monokultur


Ikan gurame dan juga mempunyai perilaku yg relatif melamban. Itu sebabnya, disarankan membudidayakan ini ini dgn sistem monokultur. Jangan mencampurkan ikan gurame dgn ikan lainnya lantaran bisa dipastikan ikan ini bakal kalah dalam perebutan pakan.

Pakai Pakan Ikan Terapung


Karena pergerakannya yg lambat tadi, direkomendasikan pula untuk memakai pakan ikan yg berjenis terapung. Sama seperti ikan lainnya, ikan gurame kurang begitu menyukai pakan yg sudah tenggelam di dasar. Pakan terapung memungkinkan waktu mengapung pakan lebih lama sehingga ikan gurame masih doyan memakannya kendati gerak-geriknya lambat. Disarankan dan juga untuk memberikan pakan sedikit demi sedikit dgn frekuensi yg sering.

Demikian artikel mengenai cara ternak ikan gurame, semoga artikel kali ini bermanfaat dan semoga sukses ternak ikan gurame terima kasih telah membaca artikel ini.

0 Response to Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar

Post a Comment