Jenis Ikan Cupang Hias, Aduan dan Termahal

Jenis Ikan Cupang - Ikan cupan / ikan cupang ialah satu diantara tipe ikan hias yg ter populer di Indonesia. Ikan cupang ini mempunyai bentuk badan yg cuantik, sehingga lumayan banyak orang yg memiliharanya di aquarium /pun tempat lainnya.

Ikan cupang adalah ikan hias air tawar yg amat gampang untuk dipelihara bahkan dikembang biakkan. Ikan cupang (Betta sp.) yakni jenis ikan air tawar yg lumayan banyak hidup di negara-negara tropis. Ikan cuantik ini lumayan banyak kita temui di perairan Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand & Indonesia jadi salah satunya.

Habitat Ikan Cupang ada di rawa-rawa, &au, & sungai yg berarus tenang.
Satu diantara keunggulan ikan cupang diantaranya yakni daya tahannya terhadap lingkungan tempatnya hidup. Jenis Ikan cupang mampu hidup pada lingkungan air yg miskin oksigen.

Jenis Ikan Cupang Hias, Aduan dan Termahal
Jenis Ikan Cupang
Dengan kemampuan bertahan hidupnya yg luar biasa, membuatnya ikan ini mudah dipelihara & dibudidayakan dalam toples kecil maupun aquarium tanpa memakai aerator.

Keunggulan ikan cupang ini disebabkan lantaran ikan cupang mempunyai rongga labirin seperti pada ikan lele & ikan rawa lainnya. Labirin itu bisa membuatnya nya bertahan pada lingkungan yg miskin oksigen.

Ikan Cupang hias dipelihara untuk dinikmati keindahan bentuk, warna & gerakannya. Sebaliknya ikan cupang adu dipelihara untuk di lagakan. Perlu kita ketahui bersama, di beberapa negara melagakan ikan cupang termasuk juga perbuatan yg ada konsekuensi sanki hukum.

Ikan cupang mempunyai jenis yg beragam & di setiap jenisnya mempunyai kekhasan masing-masing. Ikan hias yg satu ini mempunyai sifat yg unik. Dalam kehidupan alamiahnya, ikan ini cenderung akan gesit & agresif saat melindungi diri & daerah tempat tinggalnya.

Dalam kalangan para pecinta ikan cupang, ikan ini dibedakan jadi beberapa kelompok, diantaranya ialah ikan cupang hias, & ikan cupang aduan.

Ikan Cupang hias & Ikan cupang adu bisa dibedakan berdasarkan bentuk & sifat agresifitasnya. Berdasarkan data Ilmiah, ada tak kurang dari 75 spesies ikan cupang yg tinggal di bumi ini. Akan tetapi, hanya sebagian saja dari spesies itu populer sebagai ikan hias peliharaan.

Saat ini, Spesies ikan cupang yg lumayan banyak beredar di pasaran umumnya berasal dari kelompok splendens complex, yg meliputi Betta splendens, Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina & Betta imbellis. Serta ditambah dgn jenis-jenis lain yg adalah hasil silangan dari spesies-spesies itu.
Dalam kalangan para penggemar ikan cupang, ikan ini dibedakan jadi beberapa kelompok, diantaranya ialah ikan cupang hias, & ikan cupang aduan.

JENIS IKAN CUPANG



Seperti yg tlah disebutkan di atas, para pecinta ikan cupang mengelompokkan jenis ikan cupang berdasarkan penampilan bentuk & corak warnanya.

Dari setiap hasil pengawinan yg mempunyai bentuk serta sifat yg khas, maka bakal diberi nama tersendiri sinkron dgn karakter & bentuknya.

Bentuk cupang yg berlandaskan dgn hasil penilaian kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI), dari kiri ke kanan.

Berikut ini ialah uraian ringkas mengenai jenis-jenis & harga ikan cupang termahal serta tak ketinggalan ikan cupang paling populer di dunia yg wajib para penggemar ikan cupang ketahui:
Jenis cupang hias dibagi lagi jadi beberapa macam, yakni:

1. JENIS IKAN CUPANG HALFMOON (BULAN SEPOTONG).


JENIS IKAN CUPANG HALFMOON

Sesuai dgn gelarnya, cupang halfmoon yakni jenis ikan cupang hias yg dikaruniai sirip & ekor yg seolah-olah menyatu hingga membentuk seperti setengah lingkaran.

Apabila kita amati dari samping, sirip cupang halfmoon membentuk pola seperti setengah lingkaran bulan.

Ikan cupang halfmoon dijadikan peliharaan lantaran keindahan sirip & bentuknya yg amat anggun bak penari yg menari-nari di dalam air.

Jenis ikan cupang yg satu ini mempunyai berbagai corak warna yg amat beragam, mulai dari kuning, merah terang & berbagai jenis warna lainnya.

HARGA IKAN CUPANG HALFMOON (BULAN SEPOTONG)

Di kalangan pemburu ikan hias, ikan ini dihargai pada kisaran harga diantara Rp 5.000 sampai Rp 300.000.
Harga ini umumnya bakal bertambah jadi semakin tinggi apabila ikan itu tlah membintangi beberapa kontes kejuaraan / perlombaan ikan hias. Menarik tidak?

Ikan cupang tipe Halfmoon (bulan setengah ), mempunyai sirip & ekor yg lebar & simetris menyerupai bentuk bulan separo. Jenis ikan cupang ini pertama kali dikembang biakkan pada tahun 1982 oleh seorang pakar di Amerika Serikat yg bernama Peter Goettner.

2. JENIS IKAN CUPANG CROWN TAIL (SERIT).


JENIS IKAN CUPANG SERIT

Pada segmen ini, orang Indonesia terutama para penghobi ikan cupang boleh sedikit berbangga, sebab, jenis ikan cupang serit ini lahir & besar dari tangan-tangan kreator dari indonesia, tepatnya daerah slipi, jakarta.

Nama ikan cupang serit tlah menggema di dunia lantaran terkenal dgn berbagai keindahan warna & bentuk. ikan hias air tawar ini disebut crown tail / ekor mahkota sebab ketika ekornya dibalik menghadap ke atas serit-serit yg ada di ekornya bakal terlihat seakan-akan mahkota raja.

Model ikan cupang serit mempunyai lumayan banyak varian warna & bentuk. ada yg mempunyai serit tunggal, dimana pada tiap serit hanya terdapat satu tulang sirip. ada dan juga yg berserit dua / serit ganda.

Keindahan & kemolekkan ikan cupang serit tlah diakui lumayan banyak negara di dunia serta lumayan banyak di lombakan di international betta congress (IBC).

HARGA IKAN CUPANG CROWN TAIL (SERIT)

Di kalangan pecinta ikan hias, ikan ini dijual dgn kisaran harga diantara Rp 5.000 — Rp 300.000.
Harga ini biasanya bakal naik jadi semakin tinggi bila ikan itu tlah menjuarai beberapa kontes kejuaraan / perlombaan ikan hias. Bagaimana kalian tertarik untuk memeliharanya?

3. JENIS IKAN CUPANG PLAKAT/ PLAKAT HALFMOON/BANGKOK (PETARUNG ATAU ADUAN)


JENIS IKAN CUPANG PLAKAT/ PLAKAT HALFMOON/BANGKOK (PETARUNG ATAU ADUAN)

Sebutan “Plakat” ber asal dari bahasa di Thailand yg mempunyai arti kurang lebih, “tarung” / “laga”. Sejalan dgn julukan nya, tipe ikan cupang ini sering kali di gunakan sebagai cupang aduan.

Thailand memang mempunyai tradisi mengadu cupang yg tlah turun temurun. Sirip & ekor ikan cupang plakat umumnya pendek tak melumbai seperti jenis cupang jenis halfmoon & serit.

Karena pendek, sirip itu menegaskan petarung yg tangguh & kekar. Gerakan jenis ikan cupang aduan yg satu ini tak menonjolkan sisi keanggunan tetapi cenderung akan lebih garang & sangar.

HARGA IKAN CUPANG PLAKAT/ PLAKAT HALFMOON (PETARUNG ATAU LAGA)
Di pasaran ikan ini dihargai dgn kisaran harga diantara Rp 5.000 — Rp 300.000.
Harga ini acap kali bakal bertambah jadi semakin tinggi apabila ikan itu tlah memenangi beberapa kontes kejuaraan / perlombaan ikan hias. Bagaimana kalian tergoda untuk memeliharanya?

4. JENIS IKAN CUPANG DOUBLE TAIL (CAGAK/EKOR GANDA).

JENIS IKAN CUPANG DOUBLE TAIL

Jenis ikan cupang yg satu ini di beri nama double tail lantaran bagian sirip ekor nya ter belah dua, seakan-akan bercagak ganda. ikan cupang double tail / ekor ganda ter golong susah di pelihara. Oleh lantaran itu, ke hadiran nya masih langka di perjual-belikan di pasaran.

HARGA CUPANG DOUBLE TAIL (CAGAK)

Di pasaran ikan ini dijual pada kisaran harga diantara Rp 10.000 sampai Rp 300.000.
Harga ini acap kali bakal bertambah jadi semakin mahal apabila ikan itu tlah menjuarai beberapa kontes kejuaraan / perlombaan ikan hias. Bagaimana menarik tidak?

5. GIANT BETTA (CUPANG RAKSASA)



Sesuai dgn nama nya, giant betta yakni jenis ikan cupang yg mempunyai ukuran badan yg besar / raksasa. Ukuran badannya bisa tumbuh sampai 12-15 cm, sehingga membuatnya gerakan ikan cupang jenis ini lambat, & kurang agresif dalam berenang.

HARGA CUPANG GIANT BETTA (CUPANG RAKSASA)

Di pasaran ikan ini dihargai dgn kisaran harga diantara Rp 5.000 hingga Rp 300.000.
Harga ini biasanya bakal naik jadi semakin mahal apabila ikan itu tlah menjuarai beberapa kontes kejuaraan / perlombaan ikan hias. Bagaimana menarik tidak?

IKAN CUPANG ADUAN

IKAN CUPANG ADUAN

Umumnya ada beberapa ciri-ciri yg dimiliki ikan cupang aduan ialah badannya full pressed body( ramping), bila kita perhatikan dgn seksama ada cekungan halus dari ujung badan hingga samping perut, bersisik kecil & tebal, mempunyai dahi seperti ikan arwana.

Ring bibir tebal, jari-jari sirip ekor halus rapat (jari-jari sirip yg besar rawan terserang jamur, saat sirip terkoyak / luka), pembawaannya low profile (santai tapi waspada).

Ikan cupang model ini sering kali jadi raja yg kejam ketika di medan laga amat bertolak belakang dgn warna-warni badannya yg indah. Mereka menghabisi musuh tanpa ampun, kadang di setiap petarungan mereka berakhir dgn kematian versusnya.

Anda juga bisa membuat pakan ikan cupang sendiri yang pastinya akan lebih menghemat pengeluaran biaya pakan ikan cupang anda, baca artikel berikut ini Budidaya Kutu Air Dengan Kol yg Efektif

Sekian artikel kali ini mengenai Jenis Ikan Cupang Hias, Aduan dan Termahal semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman anda, terima kasih.

0 Response to Jenis Ikan Cupang Hias, Aduan dan Termahal

Post a Comment