Penemu Robot Pertama Adalah Seorang MUSLIM

Penemu Robot Pertama Adalah Seorang MUSLIM - Selama ini penciptaan teknologi robot identik dengan negara maju seperti Jepang, China dan Amerika Serikat, tetapi tidak banyak orang mengetahui bahwa sebenarnya pencetus/penemu robot pertama kali adalah seorang ilmuwan Muslim bernama Abū al-'Iz Ibn Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī dari Al-Jazira.

Biografi dari Al-Jazari Penemu Robot Pertama Di Dunia :


Al-Jazari, merupakan seorang penulis buku tentang ilmu pengetahuan mekanik tahun 1206. Di dalam buku yang Ia buat berisi tentang 50 peralatan mekanik beserta instruksi bagaimana cara merakitnya. Karena buku itulah Al-Jazari disebut sebagai ilmuwan muslim penemu konsep robot pertama di dunia.
Penemu Robot Pertama Adalah Seorang MUSLIM, Biografi dari Al-Jazari Penemu Robot Pertama Di Dunia

Nama Al-Jazari berasal dari Mesopotamia yang sekarang dikenal sebagai wilayah tenggara dari Turki. Keseharian dari Al-Jazari tak berbeda jauh dari sang Ayah yang mengabdi sebagai kepala insinyur di Istana Artuklu. Istana dimana Al-Jazari hidup merupakan kediaman dari Dinasti Artuqid yang mempunyai wewenang di wilayah timur Anatolia.

Setiap hari dia selalu melakukan penemuan-penemuan merakit mekanik robot walaupun seringkali mengalami kegagalan. Namun kegagalan bukanlah sesuatu yang dia hindari, melainkan dari kegagalan tersebut dia bisa mengubah kegagalan menjadi keberhasilan.

Al-Jazari, ilmuwan muslim perancang pertama robot ternyata ini  juga seorang seniman. Dalam bukunya Ia memberikan tulisan tentang penemuannya dan menggambarkannya dalam sebuah lukisan miniatur bergaya seni Islam abad pertengahan.

Berikut adalah hasil dari penemuan Al-Jazari yang diketahui publik:


1. Elephant Clock

Pada zaman masih tradisonal, seorang Al-Jazari sudah mampu menemukan berbagai macam alat sederhana yang menjadi dasar membuat robot saat ini. Karya tulisan pertamanya berjudul “The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices” menjelaskan 100 alat dengan teknologi mekanik beserta cara untuk membuatnya. Berkat hasil karyanya, bangsa barat ikut memujinya. Salah satu aplikasi teknologi milik Al_Jazari adalah jam astronomi milik Giovanni de Dondi di tahun 1364 dan kini ide-idenya tentang membuat mesin menyebar luas di kawasan Eropa. Al-Jazari, ilmuwan jenius penemu robot canggih berhasil membuat satu karya terkenal yakni The Elephant Clock atau jam gajah. Jam tersebut terdiri dari komponen hidrolik yang bergerak selama 1 jam.

Sampai saat ini para pakar ilmu pengetahuan masih menandai sebagai satu informasi penting dan sosok Al-Jazari menjadi satu orang yang mampu menggabungkan ilmu Arab dan non Arab serta dibumbui dengan kreatifitasnya yang luar biasa.

2. A Musical Toy

Penemuan lain dari Al-Jazari adalah A Musical Toy, yaitu 1 set robot drumband otomatis yang digunkan dalam hiburan pementasan drama. A Musical Toy terdiri dari replika manusia buatan yang sedang duduk di atas perahu dengan teknologi mesin hidrolik dan mampu menggerakkan sekaligus memainkan alat musik yang masing-masing mereka pegang. Al-Jazari berhasil membuat settingan yang cocok untuk membuat satu mesin untuk menghasilkan irama merdu. Mungkin penemuannya yang satu ini juga berpengaruh terhadap perkembangan dunia musik pada zamannya.

Lainnya :





0 Response to Penemu Robot Pertama Adalah Seorang MUSLIM

Post a Comment